Mau Jadi Guru Profesional, Yuuuk simak keseruan Program Pendidikan Guru jaman now !






           Pendidikan Profesi Guru (PPG) adalah pendidikan tinggi setelah program pendidikan sarjana yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pekerjaan dengan persyaratan keahlian khusus dalam menjadi guru. Pendidikan profesi guru harus ditempuh selama 1-2 tahun setelah seorang calon lulus dari program sarjana kependidikan maupun non sarjana kependidikan. PPG (Program Pendidikan Profesi Guru) merupakan program pengganti akta IV yang tidak berlaku mulai tahun 2005. 

Ada dua jenis program Pendidikan Profesi Guru yang telah diselenggarakan oleh  Kementerian Ristekdikti; PPG dalam jabatan dan PPG Prajabatan. PPG dalam jabatan adalah program yang dibuat khusus untuk tenaga pendidik yang telah mengajar di sekolah namun belum berkesempatan mengikuti PLPG. Pendidikan PPG dalam jabatan hanya dilakukan selama 6 bulan. Dalam waktu enam bulan tersebut, kegiatan belajar dibagi menjadi dua yaitu Daring (e-learning) dan PPL. Sedangkan, PPG Prajabatan dilakukan selama kurang lebih 1 tahun. Dalam jangka waktu satu tahun, mahasiswa diwajibkan mengikuti kegiatan perkuliahan di kelas selama 6 bulan, setelahnya ada KMD Pramuka, Bela Negara dan ditutup dengan PPL selama 3 bulan. 

Banyak yang bertanya-tanya bagaimana caranya bisa mengikuti program ini ??
Jawabannya sederhana, check saja websitenya www.ppg.ristekdikti.go.id
Terkadang info pendaftarannya tidak terlalu disebarkan.
Jadi, sering memantau perkembangan berita di website itu adalah cara paling ampuh.

Pendaftaran untuk program prajabatan biasanya hanya akan dibuka untuk beberapa program studi. So, buat kalian yang program studinya belum ada saat ini. Berharap saja akan ada di tahun mendatang. Daaaan, tidak semua LPTK boleh menyelenggarakan program PPG ini.


Kali ini saya ingin berbagi tentang kegiatan PPG Prajabatan Angkatan II di Universitas Sriwijaya

PPG Prajabatan Prodi Bahasa Inggris Unversitas Sriwijaya 2018 

Diawali dengan masa orientasi yang dilakukan selama 3 hari. Dalam 3 hari kamu akan dimanjakan dengan pengenalan program.


Presentasi Pendalaman Materi LK( lokakarya) 

Jadi, di PPG Prajabatan kita diminta untuk menyelesaikan beberapa Lokakarya yang nantinya akan menghasilkan beberapa produk khususnya Perangkat Pembelajaran tingkat SMP sampai SMA. Eeeeh... ini khusus buat Prodi Bahasa Inggris yah. Setiap prodi kebetulan memiliki kegiatan yang berbeda. Dalam menyelesaikan LK ada beberapa tahapan yaitu pre-test, pendalaman materi, workshop, peer teaching dan post test. Sebegitu padat kegiatan tersebut, jadi masih berharap ini sama dengan kuliah Strata 1 kalian ??? Yaaa.... jelas tidak. Mulai pukul 7.30 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Jadi bisa membayangkan bagaimana rasanya kan. 


Untuk Program Studi Bahasa Inggris, kami mengerjakan LK untuk kelas 7 SMP hingga SMK. 
Seberapa rumit kah itu ? 
Tidak. 
Ternyata itu sama sekali tidak rumit. 
Kamu berminat ???? 
Yuk daftar aja di www.ppg.ristekdikti.go.id 




Then, setelah serangkaian kerja yang melelahkan untuk laptop. Kami akan bersahabat dengan alam dan dunia kedisiplinan. Ada KMD (kursus mahir dasar) Pramuka, menginap dan berkemah di Kwarda Sumsel selama kurang lebih 5 hari.Bersatu bersama semua program studi yang ada. Ini hal terasyik selama PPG Prajabatan 




Masih belum selesaaai....
Selanjutnya kita akan bergosong ria bersama bapak TNI yang super duper disiplin. Ada program Bela Negara bersama KODIM 0418 Palembang selama 2 hari.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

surat untuk akhi

cepen perdana karya ku :)